Tentang Fakultas

Sejarah


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (Fakultas Ilmu Komputer) Duta Bangsa Surakarta didirikan oleh Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa merupakan perguruan tinggi yang dikembangkan dari lembaga pendidikan komputer AKSMI Kusuma Bangsa.AKSMI Kusuma Bangsa berdiri sejak tahun 1995 dengan tujuan menyiapkan tenaga terampil di berbagai bidang, khususnya bidang komputer. Mengingat tuntutan jaman yag semakin kompetitif maka pada tahun 1998 bekerja sama dengan AMIK Harapan Bangsa mendidik tenaga profesional di

bidang komputer dengan membuka D3-Manajemen Informatika. Sejak tahun 2002 Yayasan telah mempersiapkan diri untuk mendirikan Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa. Ijin Pertimbangan dari Dirjen Dikti telah turun pada tanggal 21 Juli 2003, sedangkan SK Mendiknas No. 24/D/O/2004 turun pada tanggal 19 Februari 2004. Sekrang ini Fakultas Ilmu Komputer Duta Bangsa telah mengelola Program Studi S1-Sistem Informasi, D3-Manajemen Informatika, S1-Teknik Informatika dan D3-Teknik Komputer.

Visi


Menjadi Fakultas Hukum dan Bisnis unggulan ditingkat internasional dalam bidang bisnis dan kewirausahaan dengan mewujudkan masyarakat ilmiah yang memiliki karakter disiplin, jujur, adil dan profesional pada tahun 2038.

Misi


  • Menyelenggarakan pendidikan dalam rangka menghasilkan lulusan yang mandiri, inovatif, visioner, beriman dan berorientasi internasional yang memilki jiwa enterpreneuship untuk menjadi Fakultas Hukum dan Bisnis Unggulan.
  • Menyelenggarakan penelitian unggulan dan menjadi rujukan di bidang hukum dan bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat nasional dan global.
  • Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam rangka mengimplementasikan hasil penelitian bidang hukum dan bisnis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Melakukan kerjasama dengan mitra dunia usaha, dunia industri dan pihak eksternal lainnya dalam rangka penempatan alumni dan pengembangan dibidang hukum dan bisnis dengan instansi nasional maupun internasional.

Tujuan


  • Melaksanakan program pendidikan yang meghasilkan lulusan yang mandiri, inovatif, visioner, beriman dan berorientasi global yang memiliki jiwa technopreneur dan mampu berkompetisi di tingkat nasional dan Internasional.
  • Menjadikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk dapat diakses oleh perguruan tinggi, lembagalembaga pemerintah dan swasta, industri, dan masyarakat luas untuk mendukung upaya-upaya pengembangan masyarakat.
  • Melaksanakkan jalinan kerjasama dengan dunia usaha dan industri dalam rangka penempatan alumni dan pengembangan Teknologi Informasi dengan berbagai instansi nasional maupun internasional.