Program Studi

Eko Purwanto, M.Kom

Ketua Program Studi s1 - sistem-informasi

Fakultas

Fakultas Ilmu Komputer

Nama Program Studi

s1 - sistem-informasi

Biografi


Eko Purwanto, M.Kom Lahir di Klaten, 27 Juni 1984. Lulus S1 Sistem Informasi STMIK Duta Bangsa Surakarta Tahun 2008, lulus S2 di Program Magister Teknik Informatika Konsentrasi Sistem Informasi AMIKOM Yogyakarta tahun 2013. Saat ini adalah dosen tetap Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta mengampu matakuliah Sistem Informasi Eksekutif, Desain dan Manajemen Jaringan Komputer dan Pemrograman Basis Data. Pernah menjadi dosen tamu di program studi D3-Manajemen Informatika Politeknik Indonusa Surakarta. Aktif menulis artikel jurnal dan menjadi narasumber dalam beberapa seminar dan pelatihan tentang teknologi informasi. Saat ini sedang melanjutkan pendidikan S-3 di Universitas Kuala Lumpur (UniKL) Malaysia.

Deskripsi Program Studi


Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta salah satu Program Studi yang dimiliki adalah S1-Sistem Informasi dengan legalitas berdasarkan SK 0252/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2016 Program studi Sistem Informasi berdiri ditengah-tengah perkembangan Teknologi yang begitu pesat yang ditandai pada perubahan-perubahan baik dalam kehidupan masyarakat, dunia bisnis, pemerintahan bahkan dunia pendidikan. Program Studi Sistem Informasi mempunyai tantangan dan peluang untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat bersaing dan beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan IPTEK. Program studi Sistem Informasi menjadi solusi bagi stakholder guna menjawab tantangan dan peluang yang ada.

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta berada di tengah Kota Surakarta mampu mendorong semangat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang lebih tinggi yang memiliki kompetensi dibidang Analis Sistem Bisnis (Business System Analyst), Perancang Sistem (System Designer), Programmer, Database Designer, Database Administrator dan Technopreneur. Program Studi Sistem Informasi memiliki komitmen untuk mewujudkan kompetensi mahasiswa telah diwujudkan melalui pengelolaan program studi berbasis instrumen akreditasi, disain kurikulum mengacu pada standar pembelajaran Nasional Pendidikan Tinggi (SN_DIKTI), KKNI level 6 dan rumusan kurikulum pendidikan tinggi oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM).

Untuk mempersiapkan karir mahasiswa, upaya program studi SI antara lain merumuskan dan menetapkan profil lulusan (Analis Sistem Bisnis (Business System Analyst), Perancang Sistem (System Designer), Programmer, Database Designer, Database Administrator dan Technopreneur) yang didukung capaian pembelajaran (sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan ketrampilan khusus), beban studi mahasiswa harus menyelesaikan 149 sks yang tersebar di semester 1 sampai dengan semester 8 dan dapat ditempuh selama 4 tahun, konsep implementasi kurikulum 6 semester pelaksanaan perkuliahan dikampus, 2 semester mahasiswa menerapkan capaian pembelajaran melalui kegiatan Merdeka Belajar atau praktik kerja lapangan durasi waktu 3-6 bulan dan menghasilkan karya inovasi siap pakai melalui skripsi, metode pembelajaran sudah didukung 70% mata kuliah berbasis projek dan diakselerasikan dengan gerakan mahasiswa berprestasi/karya inovasi, seminar/workshop bersifat wajib, sertifikasi kompetensi menjadi syarat kelulusan mahasiswa, produktifitas kegiatan mahasiswa yang tertuang dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Tujuan


  1. Menghasilkan lulusan Program Studi Sistem Informasi yang memiliki kemampuan manajemen basis data dan sistem informasi enterprise yang dapat bersaing secara nasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi untuk memberikan solusi bisnis maupun mengembangkan kewirausahaan berbasis teknologi.
  3. Menghasilkan lulusan yang profesional yang memiliki moral, etika, kepribadian dan akhlakul karimah serta memiliki kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan diri.
  4. Memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui pengembangan basis data dan sistem informasi enterprise yang tepat guna.
  5. Memperluas jaringan kemitraan untuk memdapatkan peluang bagi lulusan agar dapat bekerja di instansi mitra secara profesional dan peningkatan kualitas program studi.

Visi


Menjadi Program Studi Unggulan Tingkat Global Pada Tahun 2038 Di Bidang Pengembang Sistem Informasi Enterprise dan Technopreneur.

Misi


  1. Menyelenggarakan pendidikan secara profesional, terencana dan terintegrasi yang tercermin pada kurikulum pendidikan tinggi yang unik berbasis kewirausahaan dan bisnis dalam rangka menghasilkan lulusan yang mandiri, inovatif, visioner, beriman dan berorientasi global.
  2. Melakukan kegiatan penelitian inovatif dan kreatif yang unggul dibidang basis data dan sistem informasi enterprise.
  3. Melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui produk inovasi tepat guna untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Membangun kemitraan dengan pengguna lulusan dan lembaga pendidikan lain untuk menciptakan keunggulan bersaing